Gempa di Bogor Terasa Sampai Sukabumi

0
Ilustrasi gempa.

SukabumiBerita.comGempa kembali dirasakan di daerah Sukabumi, Jawa Barat. Setelah yang terjadi pada Selasa sore lalu, gempa terkini dicatat BMKG pada Kamis dinihari tadi, 30 Mei 2024, pukul 01.22 WIB.

Kalau Selasa lalu gempa memiliki magnitudo 4,1 dan berasal dari aktivitas segmen Sesar Cipamingkis yang berada di laut, terkini memiliki kekuatan M2,8. Pusat gempa atau episenter berada di darat, 24 kilometer arah barat daya dari pusat Kota Bogor. Kedalaman hanya 2 kilometer.

“Gempa akibat aktivitas sesar lokal wilayah setempat,” kata Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hartanto, dalam keterangan yang dibagikannya pasca-gempa itu.

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, getaran dirasakan di wilayah Sukabumi dengan skala intensitas II MMI. Intensitas ini setara getaran gempa yang hanya dirasakan oleh beberapa orang dan membuat benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Sebelumnya, BMKG juga kembali mencatat gempa yang menggetarkan Pulau Bawean di Laut Jawa. Gempa berkekuatan M4,1 terjadi pada Rabu, 29 Mei 2024, pukul 13.38 WIB. Intensitas guncangannya dirasakan di Bawean pada skala II MMI.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini