Sebanyak 72 Bencana Terjadi di Kota Sukabumi Selama April 2024, Dominan Banjir dan Tanah Longsor

0

SukabumiBerita.comBadan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi mencatat sebanyak 72 peristiwa bencana alam terjadi di wilayah Kota Sukabumi, selama bulan April 2024 kemarin. Bencana didominasi jenis hidrometeorologi seperti banjir dan tanah longsor akibat intensitas curah hujan yang tinggi.

“Untuk jumlah warga yang terdampak sebanyak 154 jiwa, sementara untuk bangunan yang rusak terdapat 188 unit,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Sukabumi Novian Rahmat di Sukabumi, dikutip hari ini.

Rinciannya, peristiwa bencana sepanjang April, cuaca ekstrem sebanyak 28 kejadian, tanah longsor 16 kejadian, banjir 15 kejadian, angin puting beliung dan gempa bumi masing-masing lima kejadian dan kebakaran tiga kejadian.

Untuk total kerugian dampak dari bencana tersebut mencapai Rp506,7 juta dengan luas wilayah yang terdampak 0,14 hektare.

Selanjutnya untuk data kejadian bencana per kecamatan yakni Kecamatan Lembursitu 22 kejadian, Gunungpuyuh 11 kejadian, Warudoyong 11 kejadian, Baros sembilan kejadian, Citamiang sembilan kejadian, Cikole lima kejadian dan Kecamatan Cibeureum lima kejadian.

“Untuk Mei ini potensi terjadinya bencana masih bisa dikatakan tinggi, apalagi prakiraan cuaca dari BMKG wilayah Kota Sukabumi masih berpotensi turun hujan deras yang memicu terjadinya bencana,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini