Senin, Mei 20, 2024
spot_img

Pemkot Sukabumi Perbanyak Wirausaha Kreatif

Baca Juga

SukabumiBerita.comPemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi terus berupaya memperbanyak wirausaha kreatif dan tangguh di daerahnya. Oleh karena itu, kegiatan pendampingan kepada para pelaku usaha, baik dari sisi permodalan hingga pemasaran juga dilakukan secara berkelanjutan.

”Pemerintah terus mendorong pelaku UMKM agar tumbuh dan berkembang. Namun kendala yang dihadapi terkait SDM, makanya hari ini dilatih pelaku usaha menjadi wirausaha tangguh, kreatif, dan profesional,” kata Penjabat (Pj) Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji di dalam pembukaan acara Pelatihan Inkubator Bisnis bagi Pelaku UMKM di Kota Sukabumi, Selasa (27/2/2024).

Menurut Kusmana, pelatihan yang dimotori Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskumindag) tersebut, menjadi sarana produktif dalam meningkatkan jiwa entrpereneur dan membuka jejaring serta wawasan pengembangan wirausaha baru.

Selama ini sambung dia, pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota telah berusaha menumbuhkan wirausaha baru.

Pelatihan inkubator bisnis ini kata Kusmana berupa pembinaan usaha kecill dan biasanya enam bulan dilatih, dididik dan diberikan magang dan praktek sesuai dengan produk yang dihasilkan. ” Bila dianalogikan inkubator bayi tumbuh dan berkembang dan diharapkan betul-betul jadi pengusaha,” jelasnya.

Menurutnya, kegiatan ini menumbuhkan semangat dan perilaku kemampuan berusaha, pengembangan produk baru dan penyediaan sarana usaha serta pengembangan teknologi.

Para peserta pelatihan ungkap Kusmana, dapat berkolaborasi dengan pelaku usaha lainnya. Dalam artian memanfaatkan kelebihan masing-masing dan bergabung dalam komunitas.

”Peran lembaga pendamping dan perantara membantu pelaku UMKM agar resiko berusaha diminimalisir. Di mana, para pelaku UMKM dapat membaca peluang dan tantangan dan salah satunya tujuan hadir pemateri dari bank untuk memberikan informasi terkait pembiayaan,” katanya.

Momen ini menumbuhkan wirausaha baru yang handal dan setelah pelatihan didampingi, pemasaran, pemanfaatan teknologi. Sehingga perkembangan ekonomi di Sukabumi terus berkembang.

Sementara itu, Kepala Diskumindag Kota Sukabumi Agus Wawan Gunawan menambahkan, pelatihan ini untuk memberikan pengetahuan konsep kewirausahaan, mengembangkan peluang bagi wirausahabaru, dan pendampingan bagi pelaku wirausaha baru. ” Kegiatan ini berlangsung dua hari yakni 27-28 Februari 2024,” katanya.

Peserta kegiatan sebanyak 30 orang dari tujuh kecamatan. Harapannya dalam dua hari ini bisa memberikan pemahaman kewirausahaan dan hasil pelatihan dapat diterapkan.

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
Terbaru

Helikopter Jatuh, Presiden Iran Ebrahim Raisi Meninggal

SukabumiBerita.com—Presiden Iran Ebrahim Raisi dan Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amirabdollahian dilaporkan meninggal dunia dalam insiden kecelakaan helikopter di...
spot_img
spot_img