Sabtu, April 13, 2024
spot_img

Kodim dan Ratusan Personel Gabungan Bersihkan Sampah di Pantai Talanca Sukabumi

Baca Juga

SukabumiBerita.com—Komando Distrik Militer (Kodim) 0622 Kabupaten Sukabumi mengerahkan ratusan personel gabungan untuk membersihkan sampah yang berserakan di Pantai Talanca, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, kemarin.

“Aksi bersih-bersih pantai di Desa Loji, Kecamatan Simpenan ini merupakan yang kesekian kalinya kami lakukan, yang merupakan salah satu bentuk kepedulian kami terhadap lingkungan,” kata Dandim 0622 Kabupaten Sukabumi Letkol (Inf) Anjar Ari Wibowo.

Selain personel Kodim 0622 dan Polres Sukabumi, kegiatan ini juga diikuti sejumlah aparatur Pemerintah Kabupaten Sukabumi, pelajar SMP dan SMA, organisasi masyarakat, organisasi kepemudaan serta Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) wilayah Kecamatan Simpenan.

Menurut Anjar, aksi bersih-bersih sampah ini juga untuk membuktikan bahwa warga Sukabumi peduli dengan kebersihan, jangan sampai ada lagi pandangan negatif terkait permasalahan sampah di pantai.

Pada 2023 Pantai Talanca sempat viral di media sosial dan menjadi perhatian nasional terkait keberadaan sampah. Maka dari itu pihaknya ingin menunjukkan bahwa masalah sampah bisa diatasi dengan cara bergotong royong.

Sebelumnya, Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi bersama Pemkab Sukabumi juga sudah menggelar aksi serupa pada 5 Januari 2024. Pembersihan sampah ini untuk mengembalikan fungsi Pantai Talanca dan Loji agar bisa dimanfaatkan dan mengangkat perekonomian masyarakat sekitar.

“Pembersihan ini dilakukan di garis pantai dengan panjang sekitar 1 km dari total 2,5 km. Sampah-sampah yang ada kemudian dikumpulkan dan dibawa ke tempat pembuangan sampah,” katanya.

Selain melakukan aksi bersih-bersih, pihaknya juga menanam pohon di sekitaran lokasi. Aksi seperti ini akan terus dilakukan hingga akhir Februari 2024, sehingga potensi yang ada di Pantai Talanca bisa kembali dimanfaatkan sebagai tempat wisata, olah raga ataupun untuk aktivitas nelayan.

Adapun personel gabungan yang dikerahkan pada kegiatan bersih-bersih Pantai Talanca sekitar 800 orang, dengan rincian 650 orang dari TNI, serta 150 orang dari Polres Sukabumi, Pemkab Sukabumi, pelajar dan relawan.

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
Terbaru

Muhammadiyah Umumkan Idul Fitri 1445 H Jatuh Pada Hari Rabu 10 April 2024

SukabumiBerita.com—Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah mengumumkan penetapan 1 Syawal 1445 Hijriah atau Idul Fitri 1445 H/Lebaran 2024 jatuh pada hari...
spot_img
spot_img