Sabtu, April 13, 2024
spot_img

Bupati Marwan Minta Warga Sukabumi Pakai Bahasa Sunda sebagai Bahasa Sehari-hari

Baca Juga

SukabumiBerita.comBupati Sukabumi Marwan Hamami meminta warga Kabupaten Sukabumi untuk memakai bahasa Sunda sebagai bahasa Ibu atau bahasa asli/pertama dalam kehidupan sehari-hari. “Kabupaten Sukabumi merupakan bagian dari Provinsi Jabar tentunya bahasa Sunda harus menjadi bahasa Ibu serta harus dipahami dan diucapkan pertama kali oleh seseorang untuk berkomunikasi,” katanya saat memperingati Hari Bahasa Ibu se-dunia, kemarin.

Menurut Bupati Marwan, warga Sukabumi harus bangga menggunakan bahasa Sunda saat berkomunikasi dengan siapapun setiap harinya. Selain itu, momentum Hari Bahasa Ibu Sedunia ini untuk meningkatkan kesadaran akan keragaman bahasa dan budaya.

Keberadaan bahasa Sunda harus dilestarikan salah satunya dengan menghidupkan dan bangga menggunakan bahasa Sunda sebagai bahasa ibu dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, peran orang tua pun sangat penting seperti membiasakan berkomunikasi dengan anak-anaknya dengan menggunakan bahasa Sunda yang baik dan benar sesuai dengan tingkatan dalam keluarga,” katanya.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi Eka Nandang Nugraha mengatakan bahasa Ibu penting digunakan dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam berkomunikasi. Pihaknya bersyukur dan mengapresiasi warga Kabupaten Sukabumi yang masih tetap menggunakan dan menjaga bahasa Sunda di tengah gempuran budaya dan bahasa asing, ini menujukan bentuk eksistensi keberadaan bahasa Ibu.

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
Terbaru

Muhammadiyah Umumkan Idul Fitri 1445 H Jatuh Pada Hari Rabu 10 April 2024

SukabumiBerita.com—Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah mengumumkan penetapan 1 Syawal 1445 Hijriah atau Idul Fitri 1445 H/Lebaran 2024 jatuh pada hari...
spot_img
spot_img