Atlet MMA Kota Sukabumi Targetkan Medali Emas di PON 2024

0
Atlet IBCA-MMA Kota Sukabumi.

SukabumiBerita.comSejumlah atlet amatir Mix Martial Art (MMA) di Kota Sukabumi bakal mengikuti eksibisi PON 2024 di Kota Medan, Sumatera Utara.

Cabang olahraga ini MMA sudah resmi masuk dalam organisasi olahraga KONI Kota Sukabumi dengan nama Indonesia Bela Diri Campuran Amatir Mix Martial Art (IBCA-MMA).

Ketua Umum IBCA-MMA Kota Sukabumi Irsan P Munandar didampingi Sekretaris IBCA MMA Kota Sukabumi Dede Galib mengungkapkan, diterimanya cabor baru salah satunya adalah untuk mewadahi para atlet agar semakin berkembang maju.

Irsan menjelaskan IBCA-MMA merupakan cabor baru yang telah diterima pada Februari 2023. Sementara, untuk di tingkat Jabar diterima pada Desember 2023.

“Kami juga telah menjalin kerjasama dengan Kobi atau One Pride. Jadi, atlet dari kita ini bisa masuk setelah amatir, bisa langsung ke pro. Nah, pro-nya itu One Pride,” kata Irsan, Selasa (28/5/2024).

Hingga saat ini cabor yang tengah dipimpinnya sudah ikut kejurnas dan berhasil meraih 5 medali yaitu 2 emas, 2 perak, serta 1 medali perunggu oleh atlet-atket dari Rumah Inspirasi Alus Pisan (RIAP).

“Intinya kita sudah masuk ke beberapa kejuaraan, kemarin juga kita event di Cianjur. Terbaru lagi kerjasama juga sama Kopi King di Cianjur,” jelas Irsan.

Kini IBCA-MMA Kota Sukabumi memiliki atlet yang teregistrasi sebangak 26 orang, mulai dari usia 11 tahun sampai 28 tahun.

Termasuk di dalamya ada tiga atlet kualifikasi masuk untuk ke PON.

“Eksibisi PON 2024 dari Kota Sukabumi, akan mengikuti kelas 70 kg straking MMA,” katanya.

Sementara itu, Ketua Bidang Olahraga RIAP, sekaligus wakil ketua umum IBCA MMA Kota Sukabumi, M Egi Hilaliyo, mengatakan cabor IBCA-MMA Kota Sukabumi ini menjadi salah satu wadah selain untuk menjaring atlet prestasi, juga dapat menjadi sarana untuk menyalurkan bakat dan potensi insan muda.

“Jadi, kita telah merekrut anak-anak geng motor yang memiliki minat dalam dunia musik dan olahraga untuk diarahkan dan mengembangkan bakat mereka dalam hal-hal yang positif. Sehingga, tidak ada lagi kenakalan di Sukabumi,” katanya.

RIAP merupakan wadah kalaborasi seni, budaya dan olahraga di bawah binaan Polres Sukabumi Kota yang hari ini dipimpin AKBP Ari Setywan Wibowo dan Dadang Kuswandi sebagai Foundernya.

Untuk merekrut dan mencari bibit atlet-atlet unggul, RIAP pun bekerjasam degan Dinas Pendidikan.

Mengenai program atlet RIAP MMA ke depan, pihaknya akan mengikuti seleksi eksibisi PON di Provinsi Medan dan Aceh, Sumatera.

“Semoga dengan adanya Pengcab IBCA MMA Kota Sukabumi, atlit-atlet Kota Sukabumi dapat memberikan kontribusi yang positif dengan memberikan prestasi untuk Kota Sukabumi,” kata Egi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini