Kamis, April 18, 2024
spot_img

Penukaran Uang Tunai Lebaran, BI Siapkan Rp197,6 Triliun

Baca Juga

SukabumiBerita.comBank Indonesia (BI) menyiapkan uang tunai senilai Rp197,6 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama Hari Besar Keagamaan dan Nasional (HBKN) Lebaran atau Idul Fitri 1445 H/2024 M.

Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia Marlison Hakim menyampaikan, penyediaan rupiah ini tumbuh sebesar 4,65% dari realisasi tahun sebelumnya yang mencapai Rp188,8 triliun.

“Tahun ini Bank Indonesia dalam rangka penyediaan rupiah untuk Ramadhan dan Idul Fitri Rp197,6 triliun, hampir 60% kebutuhan di Pulau Jawa,” katanya dalam acara kick off Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri (Serambi) 2024 di kantor Bank Indonesia, Jumat (15/3/2024) seperti dilansir PajakOnline.

Rinciannya, proyeksi kebutuhan Uang Pecahan Besar (UPB) senilai Rp172,8 triliun dan Uang Pecahan Kecil (UPK) senilai Rp24,6 triliun.

Marlison menekankan, kegiatan ini sebagai bentuk pemenuhan uang ke perbankan dan penyediaan rupiah hingga ke level daerah dengan 4.264 titik layanan.

Bank Indonesia membuka layanan penukaran uang menjelang Idul Fitri ini di seluruh 45 kantor perwakilan BI di seluruh Indonesia. Sementara layanan penukaran yang terpublikasi dengan website PINTAR (Penukaran dan Tarik Uang Rapih) sebanyak 449 titik.

Sama seperti tahun lalu, BI menyediakan lokasi penukaran bukan hanya di kantor-kantor bank, tetapi juga kas keliling di titik keramaian seperti pasar atau alun-alun kota.
Selain itu, juga di penukaran hub transportasi, seperti pelabuhan, bandara, atau pun stasiun.

Marlison berharap dalam penukaran uang di tengah kondisi ekonomi global yang masih bergejolak, agar masyarakat dapat bijak dalam berbelanja dan menggunakan rupiah ini. Adapun, pelaksanaan program penukaran uang tahun ini dimulai pada hari ini, Jumat (15/3/2024) hingga 5 April 2024.

Untuk tahun ini, Marlison menyebutkan paket penukaran uang rupiah tahun ini memiliki maksimal yakni Rp4 juta, lebih besar dari tahun lalu yang senilai Rp3,8 juta.

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
Terbaru

Warga Agar Waspada Bahaya Pohon Tumbang di Sukabumi

SukabumiBerita.com—Intensitas hujan deras dan angin kencang yang melanda wilayah Kota Sukabumi perlu diwaspadai oleh warga masyarakat, terutama karena banyaknya...
spot_img
spot_img