Sabtu, April 13, 2024
spot_img

Menparekraf: Kontribusi Libur Natal dan Tahun Baru Capai Rp120 Triliun

Baca Juga

SukabumiBerita.com—Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memprediksi momentum libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 berpotensi memberikan kontribusi hingga Rp120 triliun terhadap perekonomian nasional.

“Ada sekitar Rp80 triluun sampai Rp120 triliun yang akan berkontribusi kepada pergerakan perekonomian,” kata Menparekraf Sandiaga dalam keterangannya, Rabu (27/12/2023).

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memperkirakan akan terjadi lonjakan pengunjung pada momen libur Nataru bisa mencapai 107 hingga 110 juta wisatawan selama periode liburan.

Mayoritas akan melakukan aktivitas wisata dengan amplifikasi dua hingga dua setengah kali dari perkiraan itu. Dari jumlah tersebut, Sandiaga memperkirakan terdapat 200 hingga 250 juta pergerakan wisatawan Nusantara, dengan pengeluaran per kunjungan mencapai Rp2,4 hingga Rp2,5 juta menurut data BPS.

Dia berharap pergerakan wisatawan nusantara dapat memberikan kontribusi signifikan pada pergerakan perekonomian, seiring dengan upaya pemerintah mencapai pertumbuhan di atas 5 persen dan penciptaan 4,4 juta lapangan kerja baru di sektor pariwisata dan ekonomi keeatif.

“Ini sangat dibutuhkan karena kita ingin pertumbuhan Indonesia dimen atas 5 persen dan membuka 4,4 juta lapangan kerja baru, berkualitas di sektor Parekraf di 2024,” kata Sandiaga.

Oleh karena itu, dia mendorong masyarakat untuk memanfaatkan potensi pariwisata lokal. Sandiaga menekankan bahwa berwisata di Indonesia tidak hanya memberikan pengalaman kuliner, tetapi juga mendukung perekonomian setempat.

Selain itu, berwisata di Indonesia dapat memberikan pengalaman kuliner dan suasana yang nyaman.

Dia memberikan contoh seperti di Pantjoran Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta. Di sana, wisatawan bisa menikmati makanan dari berbagai negara seperti Jepang, Hong Kong, dan Taiwan.

“Saya juga anjurkan selain ke PIK, ke Taman Mini Indonesia Indah, karena tadi ada wajah baru yang seru dan konsepnya hijau, inklusif, dan pintar,” kata Sandiaga. Meski begitu, terkait kasus Covid-19 yang kembali marak di beberapa negara Asean, Sandiaga mengimbau agar masyarakat untuk mempertimbangkan menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak demi kesehatan dan keselamatan selama liburan Nataru 2024.

“Saya harapkan wisatawan tetap menjaga protokol, bukan hanya kesehatan, tetapi juga keselamatan. Pastikan libur Natal dan Tahun Baru ini dapat dijalani dengan lancar, aman, nyaman, menyenangkan, membahagiakan, dan menggerakkan perekonomian,” kata Sandiaga.

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
Terbaru

Muhammadiyah Umumkan Idul Fitri 1445 H Jatuh Pada Hari Rabu 10 April 2024

SukabumiBerita.com—Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah mengumumkan penetapan 1 Syawal 1445 Hijriah atau Idul Fitri 1445 H/Lebaran 2024 jatuh pada hari...
spot_img
spot_img