Sabtu, April 13, 2024
spot_img

Waspada Bencana Longsor di Sukabumi

Baca Juga

SukabumiBerita.com—Warga masyarakat Kabupaten Sukabumi diimbau untuk meningkatkan kewaspadaannya terutama bagi mereka yang bermukim di wilayah rawan bencana menyusul intensitas hujan deras disertai angin kencang.

Sebanyak 17 warga di Kampung Pajagan, Kabupaten Sukabumi kini terancam longsor. “Longsor yang terjadi di RT 006/002, Desa Cihamerang, Kecamatan Kabandungan tersebut dampak dari cuaca buruk. Maka dari itu, kami imbau kepada seluruh penghuni rumah untuk selalu waspada khawatir terjadi longsor susulan,” kata Humas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi Sandra Fitria di Sukabumi, kemarin.

Dari hasil asesmen yang dilakukan Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Kabandungan hujan deras yang turun sejak pagi hingga sore menyebabkan tanah tebing sepanjang 15 meter dan lebar 6 meter labil dan akhirnya longsor.

Dampak dari longsor itu dua rumah yang dihuni tiga kepala keluarga atau 17 jiwa yang berada di atas tebing tersebut bagian pondasinya tergerus. Kondisi rumah yang sudah berada di ujung tebing dikhawatirkan terdampak lebih parah jika terjadi longsor susulan.

Selain itu, juga membahayakan keselamatan belasan penghuni rumah. Maka dari itu pihaknya mengimbau kepada warga yang rumahnya terancam untuk selalu waspada dan lebih baik mengungsi sementara ke tempat yang lebih aman hingga pondasi rumah sudah kembali diperbaiki.

“Hujan deras masih berpotensi terjadi sehingga dikhawatirkan memicu terjadinya longsor susulan. P2BK dan Forkopimcam Kabandungan sudah meninjau lokasi untuk memberikan imbauan kepada penghuni rumah agar selalu waspada dan tidak memaksakan tinggal di rumah jika cuaca sedang buruk,” tambahnya.

Adapun kebutuhan mendesak antisipasi terjadinya longsor susulan yakni bronjong kawat untuk menahan tanah. Kemudian bahan bangunan untuk memperbaiki pondasi rumah.

Di sisi lain, Sandra mengimbau kepada warga yang tinggal di bantaran sungai, daerah berbukit atau sekitar tebing untuk meningkatkan kewaspadaan serta jika terjadi bencana sekecil apapun untuk segera melapor agar bisa dengan cepat ditanggulangi.

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
Terbaru

Muhammadiyah Umumkan Idul Fitri 1445 H Jatuh Pada Hari Rabu 10 April 2024

SukabumiBerita.com—Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah mengumumkan penetapan 1 Syawal 1445 Hijriah atau Idul Fitri 1445 H/Lebaran 2024 jatuh pada hari...
spot_img
spot_img