Kamis, April 18, 2024
spot_img

Wali Kota Kusmana Hartadji Luncurkan Aplikasi Parasut Sukabumi

Baca Juga

SukabumiBerita.com—Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji meluncurkan aplikasi Parasut atau Perangkat Administrasi Persuratan yang merupakan aplikasi e–office di bawah pengelolaan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Sukabumi.

Peluncuran berlangsung hari ini Senin (18/12/2023) di Balai Kota Sukabumi dihadiri Sekretaris Daerah Kota Sukabumi Dida Sembada, beserta para pimpinan perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi.

Kepala Diskominfo Kota Sukabumi Rahmat Sukandar menjelaskan, aplikasi Parasut adalah bagian pertama dari Sistem Informasi Manajemen Pemerintahan Online Kota Sukabumi atau Simponi yakni Super Apps yang akan menaungi berbagai aplikasi di dalamnya. Menurutnya Simponi akan memiliki empat bagian utama yakni layanan aplikasi administrasi internal dan layanan aplikasi untuk menyerap aspirasi, informasi dan komunikasi dengan masyarakat. Kemudian layanan pemerintah kepada masyarakat dan dunia usaha, serta layanan aplikasi terkait pelaksanaan program prioritas pemerintah seperti penanganan stunting.

Hadirnya Simponi merupakan solusi untuk mengatasi salah satu kendala yang dialami Pemkot Sukabumi dalam penerapan teknologi digital yakni terlalu banyak aplikasi tanpa integrasi dan keterhubungan satu sama lain.

“Kami inventarisir bahwa terdapat 132 aplikasi berbasis website, android dan ios, namun hanya 30 aplikasi yang aktif, sisanya hidup segan mati tak mau. Aplikasi yang aktif pun tidak terintegrasi maupun terhubung,” katanya.

Aplikasi Parasut merupakan hasil kerja sama antara Diskominfo Kota Sukabumi dengan Diskominfo Kabupaten Sumedang, yang telah lebih dahulu menerapkan e–office.

Pj Wali Kota Sukabumi mengatakan, kehadiran aplikasi Parasut merupakan upaya untuk menghadirkan perubahan di Pemkots Sukabumi ke arah yang lebih baik sejalan dengan perkembangan teknologi informasi. Diharapkan dengan digunakannya aplikasi Parasut pelaksanaan tugas dapat dilakukan lebih cepat.

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
Terbaru

Wajib Pajak Taat dan Tepat Waktu Bayar PBB-P2 Bisa Dapat Hadiah Umrah Gratis di Kabupaten Sukabumi

SukabumiBerita.com—Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Sukabumi menyiapkan hadiah umrah gratis bagi wajib pajak yang taat dan tepat waktu dalam...
spot_img
spot_img