Kamis, April 18, 2024
spot_img

Presiden Jokowi Lantik Hadi Tjahjanto Jadi Menko Polhukam dan AHY Menteri ATR Hari Ini

Baca Juga

SukabumiBerita.comPresiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Hadi Tjahnjanto sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) dalam reshuffle kabinet pada hari ini, Rabu (21/2/2024).

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang Undang Dasar 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” kata Jokowi saat membaca sumpah jabatan menteri yang diikuti oleh para pejabat terlantik.

Sejumlah pejabat turut hadir dalam pelantikan Hadi dan AHY, di antaranya Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Wiranto, Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad, Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan, dan Jaksa Agung RI ST Burhanuddin.

Kemudian terlihat pula, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia (Menkominfo) Budi Arie Setiadi, dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas, serta Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Kanavian, Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, dan Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung juga hadir di sana.

Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menggantikan Mahfud MD yang mengundurkan diri dari jabatan Menko Polhukam karena maju sebagai cawapres di Pilpres 2024. Hadi yang merupakan Purnawirawan TNI-AU, menjabat Menteri Agraria dan Tata Ruang Indonesia sejak 15 Juni 2022.
Sebelumnya, dia menjabat sebagai Panglima Tentara Nasional Indonesia antara tahun 2017 dan 2021 dan Kepala Staf TNI Angkatan Udara periode Januari 2017 hingga Januari 2018. Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) merupakan Ketua Umum Partai Demokrat hingga saat ini.

Dia adalah putra bungsu Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono. Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024 tercatat lima kali mengalami perombakan (reshuffle), sehingga keputusan pada hari ini, Rabu (21/02/2024) akan menjadi reshuffle ke-6 pemerintahan Jokowi-Maruf Amin atau ke-9 dalam dua periode kepemimpinan Presiden Jokowi.

 

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
Terbaru

Wajib Pajak Taat dan Tepat Waktu Bayar PBB-P2 Bisa Dapat Hadiah Umrah Gratis di Kabupaten Sukabumi

SukabumiBerita.com—Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Sukabumi menyiapkan hadiah umrah gratis bagi wajib pajak yang taat dan tepat waktu dalam...
spot_img
spot_img