Sabtu, April 13, 2024
spot_img

PMI Kota Sukabumi Beri Bantuan Korban Angin Puting Beliung

Baca Juga

SukabumiBerita.comPalang Merah Indonesia (PMI) Kota Sukabumi menyerahkan bantuan kedaruratan bagi para korban bencana alam angin puting beliung yang melanda Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi, Jawa Barat.

“Bantuan yang kami serahkan ini untuk memenuhi kebutuhan kondisi darurat warga yang terdampak bencana angin puting beliung di Kelurahan Cibeureumhilir dan Limusnunggal pada Sabtu (27/1) lalu,” kata Sekretaris PMI Kota Sukabumi Heri Saeful Bahri di Sukabumi, kemarin.

Heri berharap bantuan tersebut bisa meringankan penderitaan para penyintas bencana angin puting beliung. Dalam penyalurannya, PMI berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi.

Dalam proses pendistribusian bantuan, pihaknya juga menggandeng pemerintahan setempat agar tepat sasaran. Pihaknya juga dalam menyalurkan logistik bantuan ini dengan mendahulukan penyintas bencana yang rumahnya mengalami rusak berat atau mengkhawatirkan.

Adapun bantuan kedaruratan yang diserahkan berupa paket perangkat kebersihan (hygines kits) untuk semua penyintas baik yang rumahnya mengalami rusak berat, rusak sedang maupun rusak ringan.

“Kami pun sudah menyiapkan bantuan bentuk lainnya untuk penyintas bencana angin puting beliung di Kecamatan Cibeureum ini, berharap dengan adanya perhatian dari PMI, pemerintah dan lembaga lainnya bisa mengurangi beban penderitaan mereka,” katanya.

Di sisi lain, saat kejadian bencana angin puting beliung yang memporak porandakan puluhan rumah di dua kelurahan, PMI Kota Sukabumi mengerahkan sejumlah personel untuk bergabung dengan petugas penanggulangan bencana lainnya seperti mengevakuasi puing bangunan, memperbaiki rumah warga yang rusak dan masih bisa diperbaiki secara sederhana serta menurunkan ambulans yang dapat digunakan untuk membawa yang cedera atau membutuhkan penanganan medis di rumah sakit.

Data BPBD Kota Sukabumi terkait dampak bencana angin puting beliung yakni sebanyak dua rumah rusak berat, tiga rumah rusak sedang dan 18 rumah mengalami rusak ringan. Rumah yang rusak tersebut tersebar di Kelurahan Cibeureumhilir dan Limusnunggal, Kecamatan Cibeureum.

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
Terbaru

Muhammadiyah Umumkan Idul Fitri 1445 H Jatuh Pada Hari Rabu 10 April 2024

SukabumiBerita.com—Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah mengumumkan penetapan 1 Syawal 1445 Hijriah atau Idul Fitri 1445 H/Lebaran 2024 jatuh pada hari...
spot_img
spot_img