Kamis, April 18, 2024
spot_img

Personel Gabungan Bantu Korban Longsor Cibadak Sukabumi

Baca Juga

SukabumiBerita.com—Sejumlah personel gabungan diterjunkan dalam operasi penanggulangan bencana alam tanah longsor di Cibadak, Kabupaten Sukabumi. Mereka ini terdiri dari puluhan personel dari unsur TNI, Polri, Satuan Polisi Pamong Praja, BPBD Kabupaten Sukabumi, relawan komunitas, dan PMI Kabupaten Sukabumi.

Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sukabumi mengerahkan personelnya untuk membantu para korban tanah longsor. “Tim gelombang pertama kami kerahkan lima personel untuk membantu mengevakuasi barang-barang milik penyintas yang tertimbun longsor di Kampung Cibatu Hilir RT 001/011, Desa Sekarwangi,” kata Ketua PMI Kabupaten Sukabumi, Hondo Suwito, dikutip Kamis (25/1/2024).

Personel yang dikerahkan ke lokasi bencana hingga saat ini masih melakukan penyisiran untuk membantu korban longsor mengevakuasi barang-barang berharga yang tertimbun longsor.

Dalam kegiatan kemanusiaan tersebut PMI bergabung dengan petugas lainnya di bawah kendali Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi.

Hondo yang turun langsung ke lokasi bencana juga mengimbau kepada relawan untuk selalu waspada dan berhati-hati saat melakukan evakuasi, karena hujan masih turun dan beberapa kali terjadi longsoran-longsoran kecil yang bisa menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Personel PMI yang berada di lokasi juga dilengkapi peralatan pertolongan pertama, cangkul, dan sekop. Selain mengevakuasi barang milik penyintas, mereka juga bisa memberikan bantuan pertolongan pertama kepada siapapun, baik warga maupun personel gabungan yang terluka atau membutuhkan bantuan.

“Kondisi medan yang cukup berat ditambah hujan masih turun dan terjadi beberapa kali longsor susulan, kami imbau kepada relawan selain fokus untuk memberikan bantuan juga waspada agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” tambahnya.

Selain personel, pihaknya juga mengerahkan ambulans yang bisa digunakan kapan saja, seperti mengevakuasi korban ke rumah sakit atau klinik terdekat atau warga yang membutuhkan pertolongan medis.

Selain itu personel yang dikerahkan untuk bergabung dalam operasi tanah longsor ini akan ditambah. Sejumlah personel pun sudah disiagakan di Markas PMI Kabupaten Sukabumi yang sewaktu-waktu bisa dimobilisasi.

 

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
Terbaru

Wajib Pajak Taat dan Tepat Waktu Bayar PBB-P2 Bisa Dapat Hadiah Umrah Gratis di Kabupaten Sukabumi

SukabumiBerita.com—Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Sukabumi menyiapkan hadiah umrah gratis bagi wajib pajak yang taat dan tepat waktu dalam...
spot_img
spot_img