Sabtu, April 13, 2024
spot_img

Geopark Ciletuh Sukabumi Healing Refreshing

Baca Juga

SukabumiBerita.com—Asyiknya healing refreshing di kawasan wisata yang menjadi trademark Sukabumi; Geopark Ciletuh. Destinasi Geopark Ciletuh Sukabumi memiliki sejumlah tempat wisata menawan yang jaraknya saling berdekatan.

Di akhir pekan atau weekend waktu yang tepat kita healing jalan-jalan ke Geopark Ciletuh Sukabumi. Kita bisa memulai berkendara menuju Puncak Darma dari Jakarta, waktu tempuhnya sekitar 3-4 jam melalui akses tol Bocimi.

Puncak Darma merupakan dataran tertinggi di kawasan wisata Geopark Ciletuh, tepatnya lokasi ini berada di Desa Girimukti, Kecamatan Ciemas. Panorama Puncak Darma mengesankan karena kita bisa menyaksikan Teluk Ciletuh yang berbentuk tapal kuda, hingga deretan tebing, persawahan, hingga pantai Geopark Ciletuh.

Setelah menikmati pemandangan di Puncak Darma, kita lanjutkan perjalanan menuju Curug Dogdog yang hanya berjarak kurang lebih 1,5 kilometer atau sekitar empat menit dari sana. Curug Dogdog berada di Kampung Cimarinjung, Kecamatan Ciemas. Tempat wisata ini unik karena memiliki susunan bebatuan yang indah.

Namun, kita diimbau untuk tidak memanjat bebatuan tersebut guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti terpeleset lantaran licin lumut. Kita tetap bisa bermain air di kolam yang dialiri air terjun. Duduk-duduk sambil berfoto di bebatuan yang mengelilingi curug.

Curug Dogdog.

Dari Curug Dogdog kita menuju Curug Cimarinjung karena rasanya cukup dekat. Karena lapar, kita makan dulu, banyak kulineran enak-enak dan murah meriah di sejumlah warung di sekitar area Curug Dogdog.

Bergeser menuju Curug Cimarinjung di Kecamatan Ciemas. Jarak dari Curug Dogdog adalah 800 meter atau sekitar dua menit jalan kaki. Kendati lokasinya lebih terpencil, namun curug yang berada di perbatasan Desa Girimukti dan Desa Ciwaru memiliki panorama yang indah.

Curug Cimarinjung

Curug Cimarinjung memiliki air yang segar. Wisatawan diimbau untuk tidak bermain air lantaran debit airnya yang cukup deras. Berbeda dengan Curug Dogdog tadi. Salah satu keunikan dari Curug Cimarinjung adalah aliran air yang mengalir ke Teluk Ciletuh sebelum berakhir ke Samudera Hindia. Air terjun ini menawarkan pemandangan alam yang memukau karena pepohonan, tumbuhan, dan tanamannya masih asri hijau lebat.

Dari Curug Cimarinjung kita lanjutkan ke Puncak Aher. Tempat wisata ini berlokasi di Kampung Pamoyanan, Dusun Mekarsari I, Desa Ciemas, Kecamatan Ciemas. Diberi nama mantan Gubernur Jawa Barat Achmad Heryawan, akrab disapa Aher, jadilah terkenal sebagai Puncak Aher. Dari sini kita bisa melihat panorama laut lepas yang indah.

Tugu Geopark Ciletuh Sukabumi

Sembari menikmati pemandangan dan semilir angin, Kita bisa pasang hammock di beberapa batang pohon yang ada di sana agar suasana menikmati matahari terbenam semakin asyik.Puncak Aher juga memiliki area untuk berkemah atau camping ground.

Masih di kawasan Geopark Ciletuh, kita berwisata ke Pantai Palangpang untuk membeli ikan segar dari pelelangan ikan setempat. Pantai ini memiliki tugu Geopark Ciletuh yang dapat kita jadikan spot foto instragramable untuk di-share ke medsos. Sebagai bukti kita sudah jalan-jalan keliling healing di Geopark Ciletuh Sukabumi.

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
Terbaru

Muhammadiyah Umumkan Idul Fitri 1445 H Jatuh Pada Hari Rabu 10 April 2024

SukabumiBerita.com—Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah mengumumkan penetapan 1 Syawal 1445 Hijriah atau Idul Fitri 1445 H/Lebaran 2024 jatuh pada hari...
spot_img
spot_img