Sabtu, April 13, 2024
spot_img

Gempa Bayah Banten Getarannya Terasa sampai Sukabumi

Baca Juga

SukabumiBerita.comGetaran gempa berkekuatan magnitudo 5,7 yang episentrumnya berada di Kabupaten Bayah, Banten pada Minggu (25/2/2024) sekitar pukul 20.07 WIB kemarin, getarannya dirasakan hingga wilayah Kota/Kabupaten Sukabumi.

Hingga saat ini petugas BPBD Kabupaten dan Kota Sukabumi masih mendata dampak dari gempa yang berlokasi di 7.61 LS,105.90 BT, 85 km Barat Daya Kabupaten Bayah dengan kedalaman 10 km itu.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi menyatakan hingga pukul 20.35 WIB belum ada informasi maupun laporan adanya bangunan di wilayah setempat yang rusak akibat gempa magnitudo 5,7 yang berpusat Kabupaten Bayah, Banten.

“Dalam mendata dampak dari gempa yang terjadi sekitar pukul 20.07 WIB kami membentuk dua tim. Di mana tim pertama melakukan pemantauan langsung di lapangan dan tim kedua memantau kondisi melalui pesawat radio di Kantor BPBD Kota Sukabumi,” kata Kepala BPBD Sukabumi, Novian Rahmat.

Menurut Novian, getaran gempa cukup kencang sehingga membuat panik sebagian warga Kota Sukabumi. Tim reaksi cepat yang tengah bersiaga dan merasakan getaran gempa langsung membagi kelompok untuk memantau perkembangan di lapangan.

Petugas penanggulangan bencana masih melakukan patroli ke sejumlah permukiman warga untuk memantau sejauh mana dampak dari getaran gempa terhadap kondisi bangunan maupun fasilitas lainnya.

Untuk mempercepat asesmen, pihaknya juga berkoordinasi dengan aparatur pemerintahan di tingkat kelurahan yang tujuannya jika ada laporan maupun temuan adanya bangunan yang rusak akibat terdampak gempa bisa segera ditangani.

“Kami masih bersiaga, namun belum ada laporan kerusakan bangunan baik dari petugas yang melakukan patroli maupun informasi yang masuk melalui pesawat radio,” jelasnya.

Ia mengimbau warga jika melihat, mengetahui atau terdampak gempa untuk segera melapor, bisa melalui pengurus RT/RW agar bisa cepat mendapatkan penanganan dari petugas yang berada di lapangan.

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
Terbaru

Muhammadiyah Umumkan Idul Fitri 1445 H Jatuh Pada Hari Rabu 10 April 2024

SukabumiBerita.com—Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah mengumumkan penetapan 1 Syawal 1445 Hijriah atau Idul Fitri 1445 H/Lebaran 2024 jatuh pada hari...
spot_img
spot_img