Sabtu, April 13, 2024
spot_img

Demi Keselamatan, Wisatawan Dilarang Berenang di Pantai Selatan Sukabumi

Baca Juga

SukabumiBerita.com—Polres Sukabumi melarang wisatawan berenang di kawasan Pantai Selatan Kabupaten Sukabumi yang rawan terjadinya kecelakaan laut. Apalagi pada musim hujan di Bulan Desember ini, di mana potensi gelombang atau ombak tinggi bisa mencapai 4-5 meter.

“Ada beberapa titik pantai yang rawan terjadi kecelakaan laut seperti tenggelam, terseret arus atau ombak laut. Adapun lokasi rawan tersebut berada di kawasan Pantai Karanghawu, Citepus serta beberapa titik lainnya di sepanjang garis pantai Kabupaten Sukabumi,” kata Kasat Polairud Polres Sukabumi AKP Tenda Sukendar di Sukabumi, seperti dilansir Antara, dikutip hari ini.

Menurut Tenda, arus wisatawan yang masuk ke berbagai objek wisata laut Kabupaten Sukabumi sudah mengalami peningkatan. Jumlah wisatawan akan semakin bertambah padat pada saat akhir tahun 2023 ini.

Oleh karena itu, untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan laut, personel keamanan wisata pantai dari unsur TNI, Polri, Basarnas, Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista), Forum Komunikasi SAR Daerah (FKSD), Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sukabumi bersama komunitas potensi SAR semakin meningkatkan pengawasan terhadap aktivitas wisatawan di sepanjang objek wisata pantai.

“Kecelakaan laut dapat dihindari, jika seluruh wisatawan maupun warga mematuhi aturan dan tidak nekat berenang, karena seperti diketahui kondisi pantai atau laut selatan Kabupaten Sukabumi memilik gelombang dan ombak yang tinggi serta arus kuat. Tidak sedikit wisatawan yang terseret arus, tenggelam bahkan tewas akibat mengalami kecelakaan laut,” katanya.

Tenda mengatakan pihaknya menargetkan sepanjang libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 ini zero accident atau tidak terjadi adanya kecelakaan laut yang menyebabkan kematian.

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
Terbaru

Muhammadiyah Umumkan Idul Fitri 1445 H Jatuh Pada Hari Rabu 10 April 2024

SukabumiBerita.com—Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah mengumumkan penetapan 1 Syawal 1445 Hijriah atau Idul Fitri 1445 H/Lebaran 2024 jatuh pada hari...
spot_img
spot_img