Bupati Marwan: Manfaatkan Lahan Tidur, Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

0
Bupati Sukabumi Marwan Hamami.

SukabumiBerita.comBupati Sukabumi Marwan Hamami mengatakan, lahan tidur yang terdapat di berbagai lokasi di Kabupaten Sukabumi dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan taraf perekonomian dan kesejahteraan warga masyarakat.

“Di Kabupaten Sukabumi banyak lahan tidur yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat seperti untuk bertani atau berkebun sehingga lahan tersebut bisa berguna untuk kepentingan warga daripada terbengkalai begitu saja,” kata Bupati Marwan, kemarin.

Dari hasil pendataan yang dilakukan, banyak lahan perkebunan yang terbengkalai, apalagi yang hak guna usaha (HGU) telah habis atau tidak diperpanjang. Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Sukabumi akan mencoba berkomunikasi dengan pemilik lahan atau HGU terkait dengan pemanfaatan lahan terbengkalai atau lahan tidur.

Dalam memanfaatkan lahan tersebut, pihaknya melibatkan warga sehingga keuntungannya berputar di masyarakat sekitar sehingga ekonomi daerah akan terus terdongkrak. “Hanya saja yang perlu disiapkan adalah komoditas yang cocok untuk ditanam di lokasi itu,” kata Bupati Marwan.

Banyak lahan perkebunan, salah satunya milik PT Perkebunan Nusantara (PTPN), yang tidak termanfaatkan maksimal. Untuk itu, pihaknya akan berkoordinasi untuk memanfaatkan lahan tersebut agar bisa termanfaatkan maksimal.

“Banyak lahan perkebunan khususnya yang berstatus HGU di Kabupaten Sukabumi seperti hidup segan mati tak mau. Untuk memanfaatkan lahan itu, adanya komunikasi dua arah antara perkebunan dan masyarakat penggarap agar ke depan bisa bermanfaat antara kedua belah pihak,” katanya.

Menurut Bupati Marwan, yang tidak kalah penting adalah menentukan komoditas yang juga tepat dan memiliki nilai ekonomis tinggi sehingga masyarakat dan pemilik lahan tidak harus menunggu lama untuk menikmati hasilnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini