Kamis, April 18, 2024
spot_img

Batu Tapak Camping Ground, Serunya Trekking dan Mandi Air Terjun

Baca Juga

SukabumiBerita.com—Bagi penggemar camping ceria bersama teman dan keluarga tercinta, kami merekomendasikan salah satu destinasi populer di kawasan Cidahu, Sukabumi yakni Batu Tapak Camping Ground. Batu Tapak Camping Ground berada dalam kawasan hutan lindung Bukit Cangkuang, tepatnya di Desa Cidahu di kaki Gunung Salak, Sukabumi.

Suasananya teduh, adem, karena lebatnya pepohonan pinus dan damar. Tentu saja udaranya sejuk khas dataran tinggi, sekitar 900 meter di atas permukaan laut. Batu Tapak Camping Ground memiliki area seluas 2,5 hektare dengan lansekap alam yang berkontur, berundak dan berbukit dengan lahan perkemahan yang terdiri atas 3 lapangan.

Dari tempat ini kita bisa menikmati panorama lanskap persawahan dan lembah hijau yang tampak asri. Terdapat aliran sungai yang jernih kalau kita menuruni lereng. Airnya jernih karena berasal dari mata air pegunungan.

Selain itu, di sini ada curug atau Air Terjun Batu Tapak. Hati-hati saat berada di air terjun karena batu-batunya licin oleh lumut. Pada malam hari, dari kejauhan kita bisa melihat city light yang menerangi wilayah Kota Sukabumi dan sekitarnya.

Di sebelah timur Batu Tapak Camping Ground kita dapat menikmati panorama Gunung Gede Pangrango dan di Sebelah utara sampai baratnya adalah hutan pegunungan bawah (sub-montana) dengan dominasi vegetasi pohon damar (Agathis SP) dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS).

Terkenal dengan sebutan Batu Tapak Camping Ground, kerena kawasan perkemahan ini memiliki legenda batu tapak raksasa yang bisa kita lihat di perkemahan. Batu-batu berukuran besar yang unik menghiasi sekitaran tenda atau campsite.

Fasilitas Tersedia di Batu Tapak Camping Ground Sukabumi

Asyiknya mandi di air terjun.

Seperti telah disebutkan, Batu Tapak Camping Ground terdiri atas tiga lapangan utama yang letaknya berjenjang dengan area campsite yang tertata apik, rapi, dan bersih, sebagiannya berada di sekitar aliran sungai, di sebelah utara kompleks utama berkemah. Tiga lapangan berkemah di lingkungan utama perkemahan Batutapak berjarak sekitar 55 meter ke spot-spot mendirikan tenda yang terdekat dari tempat parkir mobil atau motor. Lingkungannya teduh dengan dominasi vegetasi lebat berupa pohon damar dan deretan pinus.

Terdapat restoran, cafetaria yang buka 24 jam, tempat beribadah seperti musholla, front office, lapangan parkir cukup luas dapat menampung puluhan mobil, saung bambu, kamar mandi, toilet.

Di kawasan Batu Tapak Camping Ground juga tersedia toko cenderamata bagi para pengunjung yang ingin membawa pulang kenangan dari tempat ini. Batu Tapak Camping Ground merupakan tempat ideal untuk kegiatan berkemah dan berkumpul bersama teman atau keluarga. Di sini ada aula terbuka yang menggunakan flysheet sebagai atapnya atau tenda pleton. Aula terbuka ini dirancang dengan luas yang mencukupi untuk menampung sejumlah orang dalam skala kelompok besar. Pengunjung dapat menggunakan aula terbuka ini untuk berbagai kegiatan, seperti pertemuan, seminar, atau gathering perusahaan/lembaga.

Dari sini kita bisa trekking menuju Air Terjun, dengan waktu tempuh sekitar 10-15 menit dengan melewati jalanan setapak yang menurun dengan anak tangganya. Saat trekking kita akan menikmati kiri dan kanan jalan setapak rimbun oleh vegetasi hutan alam campuran dan hutan monokultur dominan damar dan pinus merkusii.

Di Batu Tapak Camping Ground tersedia pula untuk kita beraktivitas berbasis adventure learning base, beragam kegiatan petualangan, bermain di ketinggian (Highropes) seperti flying fox, two line bridge, net Bridge, wooden Bridge, V-Bridge dapat dilakukan oleh orang dewasa dan sebagian anak-anak. Aktivitas luar ruang lainnya adalah outbond, paint ball dan beragam kegiatan lainnya.

Untuk menuju lokasi Batu Tapak Camping Ground bisa dengan kendaraan pribadi dan transportasi umum. Bagi yang menggunakan kendaraan umum dari Jakarta dan sekitarnya, dapat menuju terminal Baranangsiang Bogor, dilanjutkan dengan kendaraan umum jurusan Sukabumi, dapat menggunakan bis ataupun minibus, colt mini, lalu turun di Cidahu.

Sedangkan menggunakan kereta api (commuter line) dari Jakarta dan sekitarnya dapat menuju stasiun Bogor, lalu dilanjutkan dengan menaiki kereta api jurusan Sukabumi dan turun di Stasiun KA Cicurug, dan dilanjutkan dengan menaiki angkot menuju Cidahu. Dari Cidahu dilanjutkan dengan kendaraan umum yang menuju Camping Ground Batu Tapak atau Obyek Wisata Alam Pegunungan Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

Untuk kendaraan pribadi dapat melewati ruas tol Jagorawi, keluar dari pintu tol Ciawi dan dilanjurkan kembali melewati tol Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi) dan keluar di pintu tol Cigombong 1, selanjutnya melewati jalan raya Sukabumi menuju Cidahu, dan dilanjutkan ke Batu Tapak Camping Ground. Jarak tempuh dari persimpangan Cidahu ke Batu Tapak sekitar 14 kilometer dengan ruas jalan dapat dilewati dengan truk tronton dan bus ukuran medium.

Biasanya, para pengunjung yang datang ke Batu Tapak atau ke Cidahu juga untuk menuju ke Kawah Ratu, salah satu spot wisata favorit yang berada di bagian tengah Gunung Salak. Kawah Ratu berjarak 5,7 kilometer dari pintu masuk Taman Nasional Halimun Salak. Kalau cuaca cerah, kita bisa mencapai Kawah Ratu dalam waktu dua jam dengan berjalan kaki dari Batu Tapak Camping Ground.

Para pendaki Gunung Salak juga cukup banyak yang masuk melalui Pos Cidahu. Cidahu merupakan nama kecamatan di Sukabumi. Jika ingin melewati jalur pendakian Cidahu maka rute pendakian yang diambil dari Javana Spa atau Cangkuang menuju Simpang Kawah Ratu, dan menuju Puncak Salak 1 yang memiliki tinggi 2.211 meter di atas permukaan laut.

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
Terbaru

Wajib Pajak Taat dan Tepat Waktu Bayar PBB-P2 Bisa Dapat Hadiah Umrah Gratis di Kabupaten Sukabumi

SukabumiBerita.com—Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Sukabumi menyiapkan hadiah umrah gratis bagi wajib pajak yang taat dan tepat waktu dalam...
spot_img
spot_img