Wamendag Tinjau Harga ke Pasar Cisaat Sukabumi, Temukan Minyak Kita Dijual di Atas HET

0

SukabumiBerita.com—Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga menemukan Minyak Kita dijual melebihi harga eceran tertinggi atau HET di Pasar Cisaat, Kabupaten Sukabumi. Diketahui, harga HET minyak goreng Minyak Kita dijual dengan harga Rp16 ribu per liternya.

Para pedagang beralasan, hal itu terjadi karena distributor telah menaikan harga lebih dulu. Dimana para pedagang mendapat harga Rp15 ribu per liter dari pihak distributor.

“Jadi tadi saya tanya ke pedagang dari semua komoditas atau bahan pokok penting yang saya lihat tadi yang mengalami kenaikan itu adalah minyak goreng, tepatnya minyak kita,” kata Jerry Sambuaga di Pasar Cisaat, Selasa (25/6/2024).

Dari hasil blusukan yang dilakukan Wamendag, temuan harga eceran tertinggi minyak kita di Sukabumi akan dijadikan dasar rapat di Kementerian Perdagangan.

“Oleh karena itu juga ini menjadi catatan dan juga tadi masukan buat kita semua tadi sudah ngomong ke pak sekda dan temen-temen kedinasan daerah dan menteri perdagangan untuk mengkolab ini. Artinya ini adalah sebuah penyesuaian harga yang memang harus kita tindak lanjuti,” jelasnya.

Pihaknya menilai, pengecekan tak hanya dilakukan kepada para pedagang saja. Namun juga distributor, bahkan tak menutup kemungkinan melibatkan rantai pasokan lainnya. Dia menegaskan, jika ketentuan HET itu hanya untuk minyak kita, bukan untuk minyak premium.

Dalam kegiatan itu Wamendag didampingi jajaran Pemda Kabupaten Sukabumi, untuk penanganan lebih lanjut kepada para distributor yang menaikan harga minyak kita di atas HET.

“Nanti penyesuainya itu sedang dibahas nanti kalau sudah ada update ada kabar nanti akan segera direalisasi. Tentu sekali lagi ini menjadi masukan buat kita,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini