Digitalisasi Pemasaran Akselerasi Ekonomi UMKM Sukabumi

0

SukabumiBerita.comIkatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) Kabupaten Sukabumi menyampaikan digitalisasi pemasaran berperan penting membantu percepatan pertumbuhan ekonomi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kabupaten Sukabumi.

“Dengan memanfaatkan teknologi digital, dalam pemasaran produk UMKM bisa semakin luas dan lebih dikenal, karena siapapun bisa mengakses tanpa mengenal batas daerah bahkan negara,” kata Ketua Iwapi Kabupaten Sukabumi Elvi Andi Budiman, kemarin.

Menurut Elvi, harus diakui kebanyakan pelaku UMKM masih mengandalkan cara tatap muka atau non-daring serta dari mulut ke mulut dalam memasarkan atau mempromosikan setiap produknya, sehingga sulit dikenal dan pemasarannya tidak luas.

Maka dari itu, pihaknya secara rutin melakukan pembinaan kepada para pelaku UMKM untuk memanfaatkan telepon pintar (smart phone) sebagai ladang usaha bukan hanya sebatas untuk berkomunikasi atau mencari hiburan, karena pihaknya meyakini rata-rata pelaku UMKM sudah menggunakan telepon pintar.

Karena itu, pihaknya terus mendorong digitalisasi pemasaran sebagai adaptasi perkembangan teknologi untuk memperluas jaringan pemasaran seperti melakukan pemasaran serta promosi di marketplace, media sosial, pasar daring, dan berbagai aplikasi terkait lainnya.

“Pembinaan yang kami lalukan untuk memotivasi pelaku UMKM di desa agar pemasarannya bisa semakin luas serta meningkatkan mutu produk yang dihasilkan dan mengikuti tren kebiasaan masyarakat,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini