Kapal Nelayan Terbalik di Perairan Sukabumi

0
Ombak tinggi Sukabumi.

SukabumiBerita.comKapal Motor (KM) Barakuda yang dipakai nelayan terbalik lantaran diterjang ombak. Kejadian tersebut viral di media sosial Facebook dan aplikasi perpesanan. Diketahui lokasi video tersebut berada di Perairan Mina Jaya, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi.

Dilihat dari video tersebut, di awal adegan terlihat perahu dalam keadaan menyamping di atas hempasan ombak. Mendadak perahu oleng dan terdengar suara mirip kayu yang patah. Kemudian perahu tersebut hilang dari video. “Barakuda, nangkub (terbalik),” kata suara diduga perekam dalam video tersebut seperti dilihat kemarin.

Kasat Polair Polres Sukabumi, AKP Tenda Sukendar membenarkan kejadian tersebut. Menurutnya peristiwa itu terjadi pada Kamis (1/8/2024) sekitar pukul 07.00 WIB. Tidak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut.

“Kejadian kecelakaan laut tenggelamnya perahu nelayan KM Barakuda sekitar pukul 07.00 WIB, di perairan Minajaya wilayah Hukum Polres Sukabumi,” kata Tenda.

Saat kejadian, KM Barakuda dibawa oleh nakhoda bernama Ubir (40) warga setempat. “Peristiwa terjadi sekitar pukul 05.00 WIB perahu dinakhodai oleh Ubir bertolak dari TPI Minajaya Menuju perairan Minajaya Tengah untuk melakukan aktivitas tangkap ikan. Lalu Sekitar pukul 06.30 WIB perahu tersebut terkena gelombang besar yang menyebabkan perahu tersebut terbalik,” ujar Tenda.

“Perahu tersebut terbelah akibat terjangan ombak, lalu tenggelam. Alhamdulillah nakhoda berhasil menyelamatkan diri dengan cara berenang ke pinggir dan ditolong oleh warga setempat,” sambungnya.

Akibat kejadian itu pemilik perahu mengalami kerusakan parah, selain itu 1 unit mesin tempel jenis 15 PK, seperangkat alat tangkap ikan dan satu buah genset hilang. “Jumlah kerugian mencapai kurang lebih Rp75 juta,” pungkas Tenda.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini