Tol Bogor Ciawi Sukabumi Seksi II Siap Buat Mudik Lebaran 2023

Tol Bocimi. Foto: Ist.
judul gambar

SukabumiBerita.com—Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi II jalur Ciawi-Cibadak dapat dilalui untuk Mudik Lebaran 2023 atau Idul Fitri 1444 Hijriah mendatang. KemenPUPR juga akan memfungsikan sementara 6 ruas tol baru di Pulau Jawa dan 4 ruas tol di Sumatera.

Hal tersebut dilakukan dalam rangka mendukung kelancaran dan kenyamanan arus lalu lintas Lebaran 2023. KemenPUPR memastikan kesiapan infrastruktur jalan tol sepanjang 2.624 km dan jaringan jalan nasional sepanjang 47.602 km. Saat ini tingkat kemantapan seluruh jalan tersebut mencapai 91,8 persen.

Tol Bocimi Seksi II ini rencananya akan dibuka gratis. Kepastian tersebut disampaikan Direktur Keuangan & Manajemen Risiko WTR Edie Rizliyanto kepada wartawan. Dengan dibukanya Tol Bocimi Seksi II Cigombong-Cibadak ini, diharapkan bisa mengurai kemacetan mudik Lebaran 2023.

Baca Juga:

“Dengan dioperasikannya ruas Tol Bocimi Seksi II Cigombong-Cibadak selama pekan mudik, diharapkan hal ini dapat memperlancar konektivitas dan menjadi solusi permasalahan kemacetan menuju Sukabumi hingga Pelabuhanratu di Pantai Selatan Jawa (Pansela),” kata Edie.

Untuk memastikan kondisi jalan tol optimal untuk digunakan saat pekan mudik, saat ini Waskita Toll Road selaki Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) sedang fokus menyelesaikan konstruksi ruas tol tersebut.

Tak hanya pembukaan Tol Bocimi seksi II, pemerintah juga terus mempersiapkan kemantapan jalan untuk menyambut mudik dan libur lebaran mendatang. Salah satunya jalur jalan Pansela (Pantai Selatan).

Sebagai bentuk persiapan dan memastikan jalan siap dilewati para pemudik, Kementrian PUPR melalui PPK 2.3 PJN 2 Jabar pun melakukan perbaikan jalur jalan Pansela (Pantai Selatan).

Perbaikan sendiri dilakukan dengan penambalan terhadap titik lokasi yang mengalami kerusakan. Mulai dari ruas jalan Bagagan-Jampang, Tegalbuleud hinggga perbatasan dengan Kabupaten Cianjur.

Berikut ini tol yang beroperasi fungsional untuk Mudik Lebaran 2023

Pulau Jawa
– Tol Bocimi seksi II : 11,9 kilometer
– Tol Cisumdawu seksi 4-6 dan Cimalaka–Dawuan: 28,2 kilometer
– Tol Jakarta–Cikampek II Selatan Paket 3 dari Simpang Susun (SS) Sadang–SS Kutanegara : 28,7 kilometer
– Tol Cimanggis–Cibitung Seksi 2A Jatikarya–Cikeas: 3,5 kilometer
– Tol Pasuruan–Probolinggo Seksi 4A Probolinggo Timur–IC Gending: 8,6 kilometer
– Tol Solo–Jogjakarta–New Yogyakarta International Airport (NYIA) Kulon Progo untuk sebagian seksi 1.1 sepanjang: 6,1 kilometer

Pulau Sumatera
– Tol Kuala Tanjung–Tebing Tinggi Segmen Tebing Tinggi–SS Inderapura: 28,5 kilometer
– Tol Segmen Dolok Merawan–Sinaksak: 15,6 kilometer
– Tol Sigli–Banda Aceh Seksi 5–6 Blang Bintang–Baitussalam: 12,7 kilometer
– Tol Binjai–Langsa Seksi 2 Stabat–Jalan Proklamasi: 7,2 kilometer
– Simpang Indralaya–Muara Enim Seksi Simpang Indralaya–Prabumulih: 63,5 kilometer

Titik Rawan Macet Dampak Tol Bocimi Seksi II Dibuka

  1. Pintu Keluar Tol Bocimi Seksi II
  2. Jembatan Pamuruyan
  3. Pasar Cibadak Sukabumi
  4. Karang Tengah Cibadak
  5. Jalur Lingkar Selatan Sukabumi

Perkiraan Titik-Titik Rawan Macet di Jawa Barat

– Ciawi daerah Bogor ke arah Puncak
– Cileunyi
– Nagreg
– Limbangan
– Gentong