Sepuluh Destinasi Wisata Sukabumi yang Asyik buat Liburan

Kawasan Geopark Ciletuh, Sukabumi, Jawa Barat. Foto: Ist.
judul gambar

SukabumiBerita.comSukabumi dikenal sebagai wilayah di Jawa Barat yang menyimpan pesona wisata alam yang popular dan indah. Ada banyak sekali tempat wisata di Sukabumi yang asyik, seru dan Instagramable, mulai dari wisata pegunungan, air terjun, hingga pantai.

Banyaknya tempat wisata terpopuler di Sukabumi dapat memberikan pilihan menarik bagi Anda yang ingin mengisi waktu liburan bersama teman atau keluarga.

Berikut ini yang bisa dijadikan acuan menawan untuk tujuan wisata liburan

  1. Geopark Cileteuh

Tempat wisata di Sukabumi yang wajib dikunjungi adalah Geopark Ciletuh. Kawasan ini menampilkan kekayaan geologi dan keindahan alam yang memukau.

Bahkan, UNESCO menetapkan Geopark Ciletuh sebagai Global Geopark. Di sini, pengunjung dapat menikmati keanekaragaman hayati berbagai spesies flora dan fauna.

Selain itu, tempat ini juga menawarkan sejumlah obyek wisata menarik seperti pantai hingga air terjun yang memanjakan mata.

  1. Selabintana

Selabintana merupakan tempat wisata di Sukabumi yang menyajikan area taman luas dengan hamparan rumput nan hijau.

Tidak hanya pemandangan yang menyejukkan, di sini pengunjung juga dapat menikmati sejumlah fasilitas seperti penginapan, ATV, flying fox, kolam renang dan playground.

Taman Selabintana berada sekitar 7 km sebelah utara Kota Sukabumi, Jawa Barat atau tepatnya di kawasan kaki Gunung Gede Pangrango.

  1. Wisata Gunung Sunda

Tempat wisata Gunung Sunda terletak di Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi. Meski dinamakan gunung, namun kawasan ini hanya berada di ketinggian 600 meter di atas permukaan laut.

Wisata Gunung Sunda banyak dikunjungi wisatawan yang hendak menikmati indahnya pegunungan dengan pandangan yang memanjakan mata.

  1. Kawah Ratu

Berlibur ke Sukabumi kurang lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke Kawah Ratu. Seperti namanya, tempat wisata ini menyajikan pemandangan kawah bekas letusan dahsyat Gunung Salak.

Tak hanya itu, di kawasan ini pengunjung juga bisa menikmati indahnya air terjun. Pengunjung juga dapat berkemah di area camping ground yang cukup luas. Suasananya yang sejuk membuat tempat wisata ini selalu ramai oleh wisatawan.

  1. Pantai Amanda Ratu

Pantai Amanda Ratu atau Pantai Muara Cikarang merupakan salah satu pantai yang terletak di Ujung Genteng, Sukabumi.

Pantai ini menawarkan pemandangan alam yang memukau dengan dikelilingi oleh tebing tinggi dan batu karang. Oleh sebab itu, banyak juga yang mengatakan pantai ini mirip dengan Tanah Lot di Bali.

  1. Curug Cimarinjung

Curug Cimarinjung masih menjadi bagian dari Geopark Ciletuh Palabuhanratu. Curug ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter dan menawarkan pemandangan berupa batu tebing berwarna merah keemasan dengan aliran air yang deras di antara dua tebing tersebut.

Untuk mencapai lokasi Curug Cimarinjung dibutuhkan usaha ekstra. Akan tetapi, perjalanan akan terbayar ketika Anda menyaksikan keindahan Curug Cimarinjung yang memukau.

  1. Bukit Baros

Bukit Baros menjadi salah satu tempat wisata menarik di Sukabumi. Kawasan ini menampilkan keindahan hutan pinus dengan luas mencapai 28 hektare.

Di sini pengunjung dapat menikmati suasana udara yang sejuk dan menyegarkan sambil berfoto ria dengan latar belakang pepohonan pinus yang rindang. Harga tiketnya cukup terjangkau yaitu Rp 25 ribu.

  1. Pantai Cibangban

Tempat wisata di Sukabumi lainnya yang tak kalah mempesona adalah Pantai Cibangban. Lokasi tempat wisata ini kurang lebih sekitar 10 km dari Pelabuhan Ratu.

Pantai Cibangban menawarkan pemandangan pantai yang eksotis dengan ombak yang lebih tenang, sehingga pengunjung dapat berenang di bibir pantai ini.

Di sepanjang pantai juga terdapat penginapan yang bisa Anda sewa dengan pilihan yang bervariasi dan tentunya dapat menyesuaikan kantong.

  1. Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng juga menjadi tempat wisata di Sukabumi yang tak boleh dilewatkan lantaran menawarkan panorama yang memukau.

Dengan pasir putih yang lembut dan ombak yang tenang, pantai Ujung Genteng kerap menjadi destinasi favorit wisatawan.

Selain itu, pantai ini juga menjadi tempat bersarangnya penyu hijau yang dilindungi, sehingga pengunjung memiliki kesempatan langka untuk melihat penyu bertelur atau melepaskan anak penyu ke laut.

  1. Rafting Citarik

Selain wisata pegunungan dan pantai, Sukabumi juga menawarkan wisata wahana air sungai yakni rafting alias arung jeram. Salah satu tempat rafting seru di Sukabumi adalah sungai Citarik.

Dengan panjang sekitar 44 kilometer, Sungai Citarik menawarkan berbagai paket arung jeram dengan harga yang bervariasi dan cocok bagi Anda yang gemar memacu adrenalin.