Dinsos Kota Sukabumi Latih Petugas Pelayanan Publik Bahasa Isyarat

Pelatihan Bahasa Isyarat. Foto: Pemkot Sukabumi.
judul gambar

SukabumiBerita.comDinas Sosial (Dinsos) Kota Sukabumi menyelenggarakan Bimbingan Sosial dan Teknis Penggunaan Bahasa Isyarat Bagi Teman Dengar pada 24 Oktober 2023 di Hotel Balcony. Acara dibuka secara resmi oleh Penjabat Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji, serta diikuti para petugas pelayanan publik dari berbagai dinas dan instansi.

Kepala Dinsos Kota Sukabumi Fajar Rajasa menerangkan, kegiatan ini diikuti 50 orang peserta dan menghadirkan dua orang narasumber juru Bahasa Isyarat. Ia pun menyampaikan kegiatan ini merupakan salah satu terobosan yang dilakukan Dinsos dengan tujuan meningkatkan mutu pelayanan publik.

“Minimal para petugas pelayanan publik di Kota Sukabumi ini mengetahui dan memahami teknik – teknik dasar bahasa isyarat. Minimal dalam satu organisasi ada dua atau tiga orang bisa memahami dan bisa menyampaikan bahasa isyarat khususnya untuk kaum disabilitas,” katanya dilansir laman Pemkot Sukabumi.

Sedangkan Penjabat Wali Kota Sukabumi dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini menjadi momentum dalam pemenuhan, penghormatan, serta perlindungan terhadap hak penyandang disabilitas khususnya tuna rungu atau teman tuli. Diharapkannya melalui kegiatan ini kemampuan komunikasi para petugas pelayanan publik mengalami peningkatan serta Kota Sukabumi menjadi kota inklusif.

“Kita ciptakan Kota Sukabumi menjadi kota inklusif terhadap bidang sosial, kesehatan, ketenagakerjaan dan hal lainnya. Para peserta diharapkan bisa memanfaatkan kesempatan untuk mengambil ilmu bahasa isyarat,” pungkasnya.