Dinsos Kota Sukabumi Gelar Pelatihan untuk Disabilitas Tuna Netra

Dinsos Kota Sukabumi mengadakan pelatihan pelatihan Sport Massage bagi penyandang disabilitas tuna netra. Foto: Pemkot Sukabumi.
judul gambar

SukabumiBerita.com—Sebanyak 24 orang penyandang disabilitas tuna netra mengikuti pelatihan Sport Massage, yang diadakan Dinas Sosial (Dinsos) Kota Sukabumi selama dua hari, 24–25 Mei 2023 di SLB Budi Nurani.

Dilansir Pemkot Sukabumi, Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinsos Abdul Muiz menerangkan, kegiatan ini merupakan pelaksanaan dari Peraturan Daerah Kota Sukabumi Nomor 10 Tahun 2018 tentang penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas.

Tujuan pelatihan tersebut memberikan kemandirian bagi penyandang disabilitas, karena keterampilan yang diajarkan dalam pelatihan diharapkan bisa menjadi sumber penghasilan mereka.

“Kegiatan ini juga dilaksanakan untuk menambah keterampilan yang diharapkan ke depannya bisa menjadi tambahan penghasilan dan akhirnya kemandirian dari penyandang disabilitas,” katanya.

Dia menambahkan, selain diberikan berbagai peralatan sport massage, diakhir pelatihan para peserta juga akan mendapatkan sertifikat keterampilan.

Sementara itu, Kepala SLB A Budi Nurani Tanti R. Kanti mengatakan, selain siswa di sekolahnya, peserta pelatihan juga berasal dari Ikatan Tuna Netra Indonesia (ITNI) dan Persatuan Tuna Netra Indonesia (Pertuni).

Dia menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Dinsos Kota Sukabumi yang telah memfasilitasi pelatihan bagi para penyandang disabilitas dan mengharapkan hal ini akan menjadi bekal kemandirian mereka di masyarakat.

“Semoga dengan keterampilan ini mereka memiliki bekal hidup untuk kemandirian di masyarakat kelak. Saya mengucapkan terima kasih kepada Dinsos yang telah memfasilitasi kegiatan ini dari mulai sarana prasarana hingga instruktur,” katanya.