Bupati Marwan: Ikan Koi Bisa Jadi Ikon Kabupaten Sukabumi

Bupati Sukabumi Marwan Hamami membuka acara kontes Koi Breeder Kabupaten Sukabumi (Persiapan Liga Jabar KOI Show) di Pasar Ikan Cibaraja Cisaat. Foto: Pemkab Sukabumi.
judul gambar

SukabumiBerita.comBupati Sukabumi Marwan Hamami membuka acara kontes Koi Breeder Kabupaten Sukabumi (Persiapan Liga Jabar KOI Show) di Pasar Ikan Cibaraja Cisaat, Minggu (25/6/2023).

Dikutip Pemkab Sukabumi, Panitia Penyelenggara Yudi Gunawan menjelaskan, event ini merupakan ajang silaturahmi para peminat dan penghobi Ikan Koi Sukabumi sekaligus persiapan kontes Koi tingkat Jawa Barat. Yudi mengatakan, kegiatan kontes untuk membangkitkan semangat para petani Koi dalam budidaya, pemasaran dan dampak positif berkelanjutan.

“Ada kontes dan Show ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para kontestan dari berbagai daerah yang mengikuti kontes sesuai katagori dengan varietas dan jenis ikan koinya,” ungkapnya.

Bupati Marwan mengatakan, penyelenggaraan kontes tersebut harus dijadikan momentum untuk menyalurkan hobi dan pengembangan usaha budidaya ikan Koi sekaligus sebagai persiapan ke ajang kontes Jabar Koi Show.

“Kita yakini bahwa penyelenggaraan kontes dan show ini dapat menjajagi kesiapan materi koi di Kabupaten Sukabumi. Di sini pula wakil wakil Sukabumi bisa mengukur dengan melihat potensi yang dimiliki serta bisa progresnya,” katanya.

Menurut Bupati Marwan, Pemkab Sukabumi terus mendorong pengembangan budidaya ikan koi di wilayahnya. Apalagi, Pemkab Sukabumi menargetkan ikan koi sebagai salah satu ikon daerah.

“Kita sedari awal sudah memberikan ruang bagi pengembangan ikan koi. Sehingga Koi bisa menjadi ikon di Kabupaten Sukabumi,” kata Bupati Marwan.

Bupati Marwan bersyukur adanya event ini. Kegiatan tersebut dapat mendorong bergeliatnya pembudidaya ikan koi.

“Pembudidaya ikan koi dapat mengekpos hasilnya. Bupati Marwan mengharapkan kegiatan ini menjadi pemicu semangat para pembudidaya ikan koi dan kegiatan ini bisa menjadi agenda rutin berkolaborasi dengan para stakeholders sehingga, bisa lebih mengembangkan koi dan ikan lainnya di Kabupaten Sukabumi,” pungkasnya.